Senin, 30 Agustus 2010

Cara mengganti kabel stik playstation

Saat mau memposting tulisan ini, rasanya agak malu, karena apa ? karena begitu sederhana dan mungkin sangat simple. Tapi tidak apa. Dengan membaca tulisan ini diharapkan memberikan manfaat, walo amat sedikit.


Jika anda yakin stik playstation anda rusak karena putus kabel, maka berikut ini cara mengatasinya, tapi sebelum diperbaiki ada baiknya test dulu stik anda. ( kata pak habibi, “yakin itu baik tapi dicek akan lebih baik” ).Lalu bagaimana cara ngecek stik kita putus :
1. Putar game bola dan pilih menu training, kemudian pilih free training setelah itu pilih menu setting player dan enter.
2. Setelah tampil kolom player 1 dan player 2, maka masukkan stik pada slot dua ( kenapa slot dua ) karena akan langsung kelihatan jika stik putus kabel apa tidak.
3. Setelah stik dimasukkan pada slot dua tidak ada gambar stik maka dapat dipastikan stik putus kabelnya, jika kelihatan maka goyang-goyang kabel jika gambar stik muncul hilang muncul hilang bisa juga dipastikan kabel stik putus. Jika tampak gambar stik walo udah digoyang-goyang kerusaan berarti bukan pada kabel
4. Analisa yang keempat, ini bisa dipake pegangan ( tapi lebih baik dicek), jika stik tidak bisa dipake sama sekali ato sering start sendiri jika dipake main game itu bias diduga kabel stik putus dan perlu diganti.

Setelah yakin kabel stik playstation anda rusak, maka siapkan alat-alatnya untuk memulai memperbaiki stik anda, dan ikuti langkah-langkah berikut :
1. Setelah kabel disiapkan ada baiknya lakukan test kabel anda dengan AVO meter, jika tidak ada salah satu kabel yang putus berarti siap digunakan ( pengalaman saya kabel yang baru, yang kwalitasnya baik bisa langsung dipake tanpa ditest )
2. Buka tutup stik dengan obeng + ( positif ) agar tidak merusak mur (bhs jawa) stik
3. Setelah dibuka catat warna-warna kabel kecil sesuai urutan kalo dari kiri ya kiri, kalo dari kanan ya kanan
4. Cabut kabel dengan solder
5. Pasang kabel yang baru dengan cara, masukkan kabel sesuai warna yang telah anda catat ( jangan ada yang terbalik ) jika merah, ganti dengan warna yang merah. Dan solder kembali jangan sampe ada sloderan yang menyambung
6. Terakhir lakukan test seperti langkah diatas, jika tidak ada tanda-tanda putus berarti stik siap ditutup kemudian bias dipake.

Selamat berjuang dan selamat mencoba…….. semoga bermanfaat.
Harimadani © 2008 Template by:
SkinCorner