Jumat, 27 Agustus 2010

Tips memperbaiki stik playstation 2

bisnis online

Tip and trik service stik playstation 2…… postingan ini sebenarnya hanya ditujukan bagi anda yang punya rental playstation 2, tapi tidak ada salahnya juga jika tidak punya rental tapi ingin mengutak-atik stiknya…..lumayan hemat biaya walo Cuma dikit, tp kata orang dikit-dikit lama-lama juga jadi bukit.

Pertama-tama dalam service stik sebenarnya yang paling perlu pertama kali adalah alat-alat untuk service, ya gampangannya bagaimana mau memperbaiki stik kalo tidak ada alatnya.


Alat-alat utama yang diperlukan adalah :
1. solder yang tentunya berfungsi untuk melepas dan memasang komponen / alat yang diperlukan
2. mata kucing / flug / atau apapun namanya yang berfungsi untuk mencairkan dan membersihkan atau agar supaya sambungan komponen timahnya bias rapi ( penulis biasa menggunakan loffet ) ini cukup bagus. Maklum buatan jerman.
3. AVO meter yang berguna untuk mengukur komponen ato alat yang rusak
4. Timah yang berfungsi untuk menyambung komponen ato alat yang diganti

Alat-alat yang lain bisa berupa obeng, tang ato cutter. Dan lainnya yang berfungsi untuk memperlancar perbaikan stik playstation 2.
Analisa kerusakan stik bisa menggunakan game bola, ato tekken jika ingin ngecek fungsi getar stik berjalan apa tidak, kalo penulis suka menggunakan game bola untuk mengetahui ato analisa kerusakan pada stik, sebab ini sudah cukup mewakili semua fungsi tombol stik dan kerusakan stik kecuali getar stik.

Langkah-langkah perbaikan stik playstation 2
1. mainkan game bola dan pilih menu free training lalu OK
2. tancapkan stik dan cek pada posisi setting player pada menu game bola, lihat lampu analog nyala apa tidak jika nyala bisa dipastikan lampu LED normal, kemudian tancapkan stik pada slot 2 dan lihat apa ada gambar stik di layar TV ( ingat ! posisi game pada menu setting player) sambil gerakkan kabel jika gambar stik tidak patah-patah ato ada terus bisa dipastikan kabel masih normal, jika tidak ada tampilan stik dilayar TV berarti kabel putus dan perlu diganti. Ato mudahnya, jika stik tidak bisa dipake sama sekali biasanya kabel putus dan perlu diganti
3. jika kabel normal ( analisa pada point 2 diatas), mainkan free training, untuk ngecek kerusaan selanjutnya.
4. tekan ato mainkan semua fungsi tombol, X  ∆ O, dan arah kiri kanan atas bawah jika semua berfungsi berarti, berarti tombol tersebut normal pada test ini lampu analog sebaiknya dimatikan.
5. nyalakan lampu analog jika pemain diam berarti analog kiri normal, jika pemain lari sendiri berarti analog kiri rusak. Dan perlu diganti.
6. gerakan pemain kearah sembarang kemudian tekan start dan pilih menu replay jika jika replay berjalan berarti analog kanan normal, jika replay berhenti ato tidak jalan berarti analog kanan rusak dan perlu diganti ato untuk lebih menyakinkan bisa mainkan game yang analog kanan difungsikan, jika pandangan jalan sendiri berarti analog kanan rusak.
7. tekan start dan pilih menu formasi lalu tekan tomabol R1 R2 L1 L2 jika dilayar tv berjalan berarti tombol-tombol tersebut normal jika tidak berarti ada kerusakan pada tombol tersebut.
8. jika langkah pada point 4 dan point 7 mengalami kerusakan ato ada tombol yang tidak berfungsi ikuti langkah berikut :
• jika tombol arah dan X O  ∆ ada yang tidak berfungsi jika pcb dari plastic anda ganti saja kemungkinan besar langsung jadi, jika pcb dari kayu cek alurnya pake avo jika ada yang putus sambung kembali, jika lampu analog posisi mati tapi tombol berfungsi sendiri bersihkan pcb dengan tiner ato lainya.
  • Jika tombol R1 R2 L1 L2 jalan sendiri ato tidak jalan sama sekali cek apa ada kabel yng menghubung ke tombol tersebut ada yang putus jika ya sambung kembali, jika ada yang tidak berfungsi, jika pcb dari plastic ganti pcb dengan yang baru.
  * jika arah pemain lari sendiri menyamping jika pcb analog dan pcb tombol arah dihubungkan dengan kabel biasanya ada kabel yg putus maka sambung kembali.

Selamat mencoba……!
Harimadani © 2008 Template by:
SkinCorner